Jinten hitam Habbatus Sauda Black Seed

Posted: 26 Juni 2010 in Biji-bijian

Di Negara Barat disebut “black seed” karena memang berwarna hitam, dikenal juga dengan nama Habbatus Sauda’, bahasa latinnya adalah Nigella sativa, merupakan obat tradisional Arab yang tertulis dalam kitab bapak kedokteran Ibnu Sina (980-1037). Dalam kitabnya yang dikenal orang barat dengan nama “the canon of medicine” beliau menerangkan bahwa jinten hitam baik untuk mengobati penyakit hati dan saluran cerna. Ratusan tahun sebelum Ibnu Sina, pada abat pertama, ahli kedokteran Yunani memakai jinten hitam sebagai obat untuk flu, sakit kepala, sakit gigi, sebagai obat cacing, untuk melancarkan kencing dan menstruasi dan untuk melancarkan air susu ibu. Ada hadis dalam bahasa Inggris: “hold onto the use of the black seed for in it is healing for all illnesses except death” (Sahih Bukhari vol 7 bk 71 #592); bahasa Indonesianya sudah tersebar luas.

Dalam tulisan saya yang lalu tentang radikal bebas, tidak kurang dari 50 penyakit penyebabnya bisa dihubungkan dengan radikal bebas. Jinten hitam mengandung suatu zat anti oksidan. Kandungan zat aktif dalam jinten hitam diantaranya : thymoquinone, thymohydroquinone, dithymoquinone, thymol, carvacrol, nigellicine, nigellidine, nigellimine-N-oxide and alpha-hedrin.

Selain itu juga mengandung asam lemak omega 3 dan omega 6 (total asam lemak 38%). Kandungan proteinnya 21% namun mengandung 8 dari 10 macam asam amino yang kita perlukan, karena kita tidak bisa membuatnya dalam tubuh (esensial asam amino).

Dalam penelitian dengan memakai hewan coba, telah dibuktikan bahwa kandungan jinten hitam diantaranya dapat mengurangi kerusakan hati (hepar) akibat keracunan, dapat membunuh kuman, membunuh parasit malaria, membunuh cacing tertentu, menurunkan kadar gula, meningkatkan kerja hormon tiroksin, anti rematik dan banyak lagi. Yang menarik kandungan jinten hitam dapat juga mengurangi kecemasan.

Pada hewan coba didapatkan efek samping jinten hitam sangat ringan (wide margin of safety).

sumber URL

1.Hanafi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s