Mahoni (Swietenia macrophylla King, S. Mahagoni)

Posted: 26 Juni 2010 in Buah-buahan

Mahoni disebut juga West Indian Mahogany adalah tanaman asli Florida selatan Amerika Serikat, Di Indonesia tumbuh liar di hutan jati, bisa tumbuh dekat pantai di pasir, juga ditanam di tepi jalan sebagai pelindung.

Bagian yang digunakan sebagai obat tradisional adalah biji buahnya yang sudah dikeringkan. Biji mahoni mengandung saponin dan flavonoida. Saponin dalam biji mahoni dapat merangsang sistem immun, mencegah penggumpalan darah, dapat meningkatkan kemampuan kontraksi otot jantung. Sedangkan flavonoidanya dapat mencegah penimbunan lemak dan sebagai anti oksidan. Selain sebagai anti oksidan, bagaimana mekanisme kerja kedua senyawa di atas sehingga bermanfaat sebagai obat tradisional belum ada keterangan yang jelas.

Hasil penelitian yang sering dipublikasi adalah ekstrak biji mahoni untuk menurunkan kadar glukosa darah pada binatang percobaan (untuk mengobati kencing manis). Ada juga laporan bahwa ekstrak biji mahoni termasuk salah satu obat tradisional yang dapat menghambat pertumbuhan HIV AID dalam laboratorium. Penelitian ekstrak mahoni sebagai antibiotik juga telah dilaporkan, bahkan penelitinya menganjurkan agar diteliti lebih jauh, karena potensial untuk digunakan sebagai antibiotik baru terutama untuk bakteri yang resistan terhadap anti biotik yang ada.

Namun demikian telah dibuktikan juga bahwa mahoni mengandung bahan yang toksik pada kadar tertentu dalam air, sehingga dapat menyebabkan ikan kejang, tenggelam dan akhirnya mati. Belum diketahui berapa dosis maksimum yang bisa diterima oleh tikus percobaan agar bisa tetap hidup.

Sebagai obat tradisional, biji mahoni biasa digunakan untuk:

1.Tekanan darah tinggi (hipertensi)

2.Kencing manis (diabetes mellitus)

3.Tidak ada nafsu makan. 4.Rematik. 5.Demam. 6.Eksim

Seperti pengobatan lainnya, agar mengetahui apakah memang bermanfaat untuk mengobati penyakitnya, maka harus dibuktikan dengan laboratorium atau cek up dan pemeriksaan fisik sesuai dengan kondisi yang diderita

Sumber URL:

1.M.Hanafi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s