Papaya Pepaya

Posted: 26 Juni 2010 in Buah-buahan

Tanaman ini berasal dari Karibia, lewat Spanyol kemudian menyebar ke Meksiko, Amerika Latin, Hawai dan ke Asia.
Buahnya yang sudah masak oleh masyarakat tertentu dipakai sebagai obat tradisional diantaranya untuk: mengobati tekanan darah tinggi , cacingen, aphrodisiac, untuk pegal-pegal (bagaimana hasilnya belum ada informasi). Papaya yang masih hijau dan getah dari batangnya (daunnya juga) dipakai untuk melunakkan daging karena mengandung enzim papase.
Dalam 100 gram papaya yang matang mengandung energi = 40 kcal dan gula = 5,9 gr Kandungan mineralnya sedikit sekali, hanya memenuhi kurang dari 5% kebutuhan tubuh kita. Kandungan vitaminnya juga demikian, kecuali vitamin C dalam papaya yang cukup untuk kebutuhan kita sehari.
Dalam papaya juga mengandung lycopene yang dapat bertindak sebagai antioksidan, bahkan untuk radikal bebas tertentu 100 kali lebih kuat dari vitamin E. Selain dari pada itu Lycopene diyakini dapat mencegah kanker prostat. Berapa kebutuhan lycopene perhari, berapa banyak diperlukan untuk mencegah kanker prostat, belum ada informasi yang lengkap.
Dalam papaya yang mentah, kaya dengan Lutein + zeaxanthin, Senyawa ini bisa mencegah kerusakan makula dari mata kita, sehingga dapat mencegah kebutaan akibat dari sinar kuat yang kurang bersahabat. Namun, begitu papaya menjadi matang, kandungan Lutein + zeaxanthin, menurun tapi kandungan Lycopene meningkat.
Tergantung tujuannya, kita menginginkan yang mana, perlu papaya mentah dirujak atau papaya matang yang siap dimakan.
Pengalaman praktek; seorang pasien dengan tekanan darah tinggi. Waktu itu diberi obat yang mempunyai efek samping hidung rasanya buntu dan daya ereksi berkurang. Umur pasien tersebut masih dibawah 50 tahun, jadi masalah ereksi penting sekali. Setelah sekian lama tidak kontrol, pasient itu datang dengan muka yang cerah dan dengan menantang minta diukur tensinya, ternya normal. Baru kembali dari Tiongkok, obatnya akar kates gantung

Sumber URL:

1.M.Hanafi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s