Buah Pala (Myristica fragrance)

Posted: 19 Januari 2013 in Tak Berkategori
Tag:, , , ,

ImageBuah pala merupakan buah legendaris sejak dahulu kala. Boleh percaya boleh tidak, akan tetapi buah ini merupakan salah satu faktor utama, jika tidak satu-satunya, motivasi penjajahan terhadap bangsa Indonesia. Dari dahulu buah ini dimanfaatkan terutama sebagai bahan pembuat rempah-rempah penyedap masakan dan minuman. Di dunia Eropa komoditi rempah-rempah, terutama pala dan cengkeh,  dizaman dahulu menduduki peringkat utama. Bangsa Eropa mendapatkan rempah-rempah pala berasal dari saudagar India dan Afrika melalui jalur sutera, sebelum akhirnya jalur itu diputus dan dikuasai oleh Kerajaan Islam yang membentang dari Afrika sampai India. Untuk mempertahankan keuntungan yang didapatkan dari hasil perdagangan rempah-rempah ini, maka para saudagar zaman dahulu harus merahasiakan  jalur-jalur perdagangan mereka terhadap pedagang yang lain. Ketika Kerajaan Islam sangat kaya karena menguasai perdagangan rempah-rempah ini, maka Bangsa Eropa mulai mencari jalur sendiri tidak melewati jalur darat yang dikuasai muslim, melainkan melewati jalur laut yang dipelopori oleh Vasco da Gama yang memperkenalkan jalur laut memutari benua Afrika melewati Tanjung Harapan Afsel. Dari situlah era kolonialisme penjajahan bangsa Eropa mulai menjangkiti seluruh dunia.

Oke, cukup nostalgianya, kita kembali ke pembahasan tentang buah pala. Khasiat buah pala sejak dahulu dikenal dalam dunia medis kuno sebagai obat bagi penyakit pes yang menjangkiti hampir seluruh dunia.  Karena itu pulalah, buah ini sempat melejit harga komoditasnya di saat wabah pes menjadi pandemi seluruh dunia, sehingga semakin laris dicari. 

DR.Keri Lestari, seorang doktor dari Universitas Padjajaran Bandung merupakan pelopor di Indonesia dalam mempelajari ekstrak murni dari buah ini terhadap diabetes mellitus. Sebelum beliau saintis dari Korea Selatan sudah mempelajari kandungan yang ada di dalam buah ini. Korsel memang dikenal sebagai pioner dalam hal dunia kedokteran timur selain China dan Mesir.

Buah Pala mengandung zat macelignin yang disebut-sebut sebagai bahan aktif dalam pengobatan diabetes mellitus. Macelignin mempunyai aktifitas sebagai agonis PPAR gamma. Diketahui agonis PPAR gamma memang merupakan golongan baru obat anti diabet yang mulai jarang digunakan karena efek sampingnya terhadap jantung dan pembuluh darah. Efek samping ini yang hendak dihilangkan dengan penggunaan herbal buah pala sebagai obat anti diabetik.

Sementara itu dulu, untuk masalah referensi terakhir aja deh, yang penting sudah berbagi.

Alhamdulillahirabbil Alamin
 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s