Misteri Ghrelin

Posted: 24 Oktober 2013 in Tak Berkategori

Allah telah menciptakan protein Ghrelin sebagai protein yang bertanggungjawab dalam menimbulkan sensasi rasa lapar. Protein ini diproduksi oleh sel-sel kelenjar (sel D1) yang terdapat pada lambung bagian fundus. Peptida ghrelin meningkat produksinya pada saat lapar dan menurun setelah makanan masuk lambung pada derajar keregangan lambung tertentu. Pada operasi bypass lambung yang digunakan untuk mengurangi kegemukan, sel-sel ini akan ikut terbuang sehingga pasca operasi sensasi lapar berkurang bahkan tidak ada. Efeknya berkebalikan dengan hormon Leptin yang berfungsi meningkatkan sensasi kenyang.

Berikut kesimpulan penulis terkait ghrelin
1.Peningkatan ghrelin menurunkan proses pengerasan pembuluh darah. Demikian kesimpulan penelitian yang dilakukan Li et al dari Universitas Beijing China (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15927713). Ini berarti rasa lapar bermanfaat untuk kesehatan pembuluh darah. Semakin sering lapar semakin baik pembuluh darah tersebut!!

2.Peningkatan ghrelin meningkatkan fungsi memori kognisi (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/19652956). Dengan kata lain semakin sering seseorang lapar, semakin mudah dia mengingat sesuatu atau semakin bagus memorinya!! Ini menjawab mengapa kenyang membuat orang malas belajar. Pada penelitian Stengel dari Jerman disebutkan ghrelin meningkatkan densitas neuron di hippokampus, area otak yang bertanggungjawab terhadap ingatan (http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/16491079).

3.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s